Alopecia areata ditandai dengan timbulnya kerontokan rambut secara tiba-tiba. Tingkat kerontokan rambut dapat sangat bervariasi dari patch berukuran koin tunggal hingga alopecia luas yang melibatkan seluruh kulit kepala dan bagian tubuh lainnya. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi rambut ini.

Siapa yang terkena alopecia areata?

40-50% pasien mengembangkan alopecia areata sebelum usia 21 tahun, sementara 20% mengembangkannya setelah usia 40 tahun. (Sumber: NCBI) Pria dan wanita terkena dampak yang sama, dan tidak ada dominasi ras yang jelas. Sekitar 20% pasien memiliki riwayat keluarga yang positif untuk penyakit ini. (Sumber: NIH)

Penyebab alopecia areata

Alopecia areata adalah suatu bentuk gangguan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara tidak sengaja menyerang folikel rambut, menyebabkan rambut rontok. Alasan pasti untuk respon imun ini tidak diketahui. Namun, ada beberapa faktor penyebab dan kondisi medis yang mendasari yang dapat menyebabkan alopecia areata.

  • Genetika
  • Perubahan hormonal
  • Stres emosional/fisik
  • Tiroiditis
  • Diabetes

Bagaimana alopecia areata didiagnosis?

Mendiagnosis alopecia areata mungkin adalah salah satu hal termudah bagi seorang ahli rambut. Ini karena munculnya tambalan botak begitu jelas dan berbeda. Namun demikian, mengetahui riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik Anda dapat membantu dokter untuk memahami kondisi Anda dengan lebih baik.

Pengobatan alopecia

Tergantung pada jenis alopecia areata, usia Anda dan tingkat kerontokan rambut, ada berbagai pilihan perawatan yang tersedia. Pengobatan alopecia areata yang paling umum adalah suntikan steroid lokal dengan atau tanpa steroid oral. Tapi ada beberapa kekurangan. Ini tidak mencegah kerontokan rambut baru berkembang. Juga, ada kemungkinan risiko kesehatan dan efek samping yang terkait dengan menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Meskipun demikian, penelitian yang dilakukan di Dr Batra’s ™ telah menunjukkan bahwa tingkat kekambuhan rambut rontok yang tidak merata setelah steroid setinggi 50%. Di sinilah homeopati muncul.

Tujuan utama pengobatan homeopati adalah untuk memblokir serangan sistem kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan kembali rambut. Obat homeopati menawarkan bantuan yang sangat baik untuk gangguan tersebut yang dipicu oleh respon imun tubuh yang tidak normal. Obat-obatan ini mengontrol kemajuan dan penyebaran bintik-bintik botak ke daerah lain.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia mengungkapkan bahwa 90% pasien dengan kerontokan rambut merata memilih homeopati sebagai pilihan pengobatan pertama mereka. Homeopati sebenarnya membantu memperlambat perkembangan kebotakan dan mengisinya dengan rambut baru. Pengobatan homeopati tidak hanya mengurangi kerontokan rambut, tetapi juga melindungi tubuh dari efek berbahaya, yang umum terjadi pada obat-obatan konvensional yang digunakan untuk kerontokan rambut.

Dokter homeopati memahami alopecia areata dengan sangat baik. Langkah pertama dalam perawatan ini adalah diagnosis kondisi Anda secara rinci dan menyeluruh. Setelah diagnosis menyeluruh dibuat, rencana perawatan individu dan pribadi akan dipetakan untuk Anda. Semua perawatan yang diresepkan benar-benar bebas dari efek samping. Para dokter sangat memahami kesulitan emosional yang dihadapi pasien alopecia areata. Seiring dengan perawatan, mereka akan menasihati dan membimbing Anda tentang cara mengatasi masalah tersebut.

Meskipun alopecia areata sulit untuk diobati, karena tidak ada kerusakan pada folikel rambut, semua rambut yang hilang dapat kembali dengan perawatan yang tepat.

Perawatan Vitalisasi Rambut (HVT)

HVT adalah terapi rambut yang disetujui FDA AS. Ini memperkuat folikel rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerusakan rambut. Dalam terapi ini, helm laser tingkat rendah ditempatkan di kulit kepala selama lebih dari 20 menit. Anda dapat melihat hasil yang terlihat dalam 5 minggu tanpa efek samping. Ini memiliki tingkat keberhasilan 90%.

Perawatan STM

Ini adalah inovasi Korea Selatan untuk menumbuhkan kembali rambut Anda secara alami. Ini memperbaiki jaringan rambut dan mengaktifkan pertumbuhan rambut dengan sedikit atau tanpa rasa sakit. Prosedur ini memakan waktu sekitar 60 menit seminggu sekali. Anda dapat melihat hasil yang terlihat dalam 6 minggu tanpa efek samping. Ini memiliki tingkat keberhasilan 88%.

rambut

Teknologi Prancisnya didasarkan pada penemuan pemenang Hadiah Nobel. Ini adalah terapi perawatan rambut non-invasif pertama di India. Solusi yang digunakan dalam perawatan ini memperkuat jaringan keratin rambut karena dapat membawa vitamin dan asam amino esensial untuk pertumbuhan rambut hingga ke akar rambut. Ini menangani kerontokan rambut yang sedang berlangsung dan kerontokan rambut pada tahap pertama dengan memfasilitasi sirkulasi darah. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30 menit seminggu sekali. Ini pengobatan alopecia nyaman dan Anda dapat menyaksikan hasil terlihat dalam 5 minggu. Ini meningkatkan volume rambut dan merangsang pertumbuhan rambut secara efisien. Ini memiliki tingkat keberhasilan 77%.

Durasi pengobatan homeopati dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain. Juga, hasil pengobatan tergantung pada sejumlah variabel. Alopecia areata yang berlangsung lama, dengan kerontokan rambut yang meluas, berkembang perlahan. Dengan adanya penyakit sistemik lainnya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dibutuhkan waktu lebih lama bagi seseorang untuk merespons pengobatan. Sebaliknya, jika alopecia areata berasal dari baru-baru ini, dengan penyebaran terbatas, respons penyembuhan seringkali cepat.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang tidak merata, kunjungi klinik rambut terdekat dan dapatkan perawatan homeopati!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan