Ketika orang menulis makalah atau artikel, jika mereka harus menggunakan beberapa poin atau data dari buku atau artikel lain yang diterbitkan, mereka harus mengutip buku tersebut sebagai sumber referensi. Ada tiga gaya utama yang akan digunakan kebanyakan orang saat mereka perlu mengutip buku teks, yang meliputi MLA, APA, dan Chicago Manual of Style. 

MLA sebagian besar digunakan dalam tulisan-tulisan humaniora dan seni liberal, sementara APA akan diadopsi dalam pendidikan, psikologi, atau mata pelajaran terkait ilmu sosial lainnya. Selain itu, gaya Chicago akan banyak diterapkan saat orang menulis artikel atau makalah tentang bisnis, hukum, atau sejarah. Setiap gaya kutipan memiliki format yang harus dipatuhi. Jadi di sini, ulasan ini akan memandu Anda tentang cara mengutip sebuah buku menggunakan gaya yang berbeda.

Cara Mengutip Buku dengan Gaya APA

Untuk mengutip buku dengan gaya APA, Anda harus menyertakan 6 elemen dalam kutipan, termasuk penulis buku, tahun penerbitan buku, judul buku, nomor edisi buku, area publikasi, dan nama penerbit. .

Mereka harus diurutkan seperti yang ditunjukkan oleh contoh berikut:

Nama Pengarang. (Tahun terbit). Judul buku (Nomor edisi). Area publikasi: Nama penerbit.

Berikut juga beberapa detail yang harus Anda perhatikan saat memasukkan informasi kutipan.

cite-a-book-in-apa-style

Nama Penulis: Anda perlu mencantumkan nama belakang penulis buku, dan jika dia memiliki inisial, harap tulis juga di belakang nama (seperti Watson, JD).

Jika buku memiliki lebih dari satu penulis, Anda harus menyertakan semua nama belakang mereka, dan gunakan ampersand untuk memisahkan. Tetapi jika penulis memiliki lebih dari delapan atau delapan orang, Anda hanya perlu membuat daftar enam dari mereka dan kemudian menggunakan elipsis setelah nama terakhir.

Judul buku: Anda perlu menulis judul buku secara lengkap, termasuk subtitle (jika ada). Selain itu, kata-kata harus dicetak miring, dan huruf pertama dari setiap kata, serta beberapa kata benda, juga harus ditulis dengan huruf kapital.

Nomor edisi: Jika edisi bukan yang pertama, Anda harus mencantumkan nomor edisinya di sini, mengikuti judul buku.

Penerbitannya adalah: Di sini Anda perlu menulis kota atau negara tempat buku itu diterbitkan. Jika wilayahnya berada di Amerika Serikat, Anda hanya perlu menulis kota dan negara bagian AS dengan singkatannya, yang hanya berisi dua huruf. Jika area tersebut berada di luar AS, Anda harus menulis nama negara lengkap sebagai gantinya.

Nama penerbit: Setelah mencantumkan area publikasi, Anda juga harus mencantumkan nama penerbit, tetapi gunakan istilah yang telah dihilangkan seperti Co., Inc, dll.

Cara Mengutip Buku dengan Gaya MLA

Menggunakan gaya MLA akan sedikit berbeda dengan menggunakan gaya APA, tetapi unsur-unsur yang harus Anda sertakan dalam referensi sebagian besar sama, yang meliputi nama penulis, judul buku, bab rinci (jika perlu), informasi publikasi (area penerbit dan nama, tahun dan media penerbitan).

Berikut adalah contoh yang dapat Anda lihat:

Lane, Lois, dan Clark Kent. Kekuatan Manusia Super dalam Sejarah Global . New York: Penguin, 2007. Cetak.

Nama Penulis: Tulis nama belakang kemudian diikuti nama depan. Jika ada lebih dari dua penulis, Anda cukup menulis dua di antaranya dan menggunakan singkatan “eds” di akhir. Misalnya, “Lane, Lois, dan Clark Kent, eds.”.

Judul buku dan detail bab: Anda perlu menggunakan huruf kapital pada kata-kata pertama dari judul buku. Harap sertakan subjudul atau bab jika ada. Selain itu, seluruh judul juga harus dicetak miring.

Informasi Publikasi: Pertama, tulis kota tempat buku diterbitkan, lalu ikuti tanda titik dua. Setelah itu, masukkan nama penerbit di belakang titik dua, dan di sini Anda perlu menambahkan koma untuk memisahkan. Terakhir, tulis tahun terbit dan juga medianya. Gunakan titik di belakang keduanya.

cite-a-book-in-mla-style

Cara Mengutip Buku dengan Gaya Chicago

Sekarang mari kita lihat juga bagaimana mengutip sebuah buku dengan gaya Chicago. Unsur-unsur utama meliputi nama penulis, judul buku (judul bab), informasi publikasi, nomor halaman.

Contoh lengkap disediakan di sini:

Lane, Lois, dan Clark Kent. Kekuatan Manusia Super dalam Sejarah Global . New York: Penguin, 2007.

Nama penulis: Tulis nama belakang terlebih dahulu, kemudian diikuti nama depan penulis. Jika ada penulis dan editor atau penerjemah, nama editor dan penerjemah harus ditempatkan setelah judul buku. Misalnya, “Lane, Lois, dan Clark Kent. Kekuatan Manusia Super dalam Sejarah Global, ed. Stan Lee.”.

Judul buku: Anda dapat menulis judul lengkap buku atau hanya satu bab buku secara langsung. Tapi ingat untuk menggunakan huruf besar dan miring.

Informasi publikasi: Sama seperti gaya APA dan MLA, Anda perlu menulis kota penerbitan, nama penerbit, dan tahun penerbitan. Ingatlah untuk menempatkan tanda baca yang benar di tempat yang tepat.

cite-a-book-in-chicago-style

Kesimpulannya

Tidaklah sulit untuk mengutip buku-buku dari berbagai kategori setelah Anda memiliki panduan ini. Ketika Anda telah selesai menulis dan mengedit artikel, mengubahnya menjadi format PDF dapat memiliki efek visual yang lebih baik dan lebih sulit bagi orang lain untuk mengubah konten Anda, yang sangat meningkatkan keamanannya. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan