VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. Ini adalah solusi hosting situs web yang menggunakan teknologi virtualisasi, memungkinkan Anda memiliki sumber daya pribadi di server yang digunakan oleh beberapa pengguna. Ini berguna untuk hosting situs web seperti eCommerce dan aplikasi perangkat lunak seperti portal. Hal yang baik dengan VPS adalah bahwa itu adalah solusi yang lebih andal dan aman daripada shared hosting di mana Anda tidak menikmati ruang server pribadi, tetapi lebih murah daripada menyewa seluruh server karena Anda tidak perlu mengelola fisik server. perangkat keras.

Sebuah VPS seperti OVHcloud bermanfaat bagi pengguna yang menarik lalu lintas tingkat menengah yang melampaui batas hosting solusi bersama, tetapi yang masih tidak memerlukan seluruh server. Ada beberapa paket hosting di OVHcloud, yang dapat Anda pilih tergantung pada kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda. Anda dapat meningkatkan ketika Anda membutuhkan lebih banyak sumber daya hanya dengan menambahkan apa yang Anda butuhkan.

Cara kerja VPS

Untuk mengetahui cara kerja VPS, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu server. Server hanyalah komputer fisik yang menyimpan data host web Anda, seperti file yang diperlukan situs web Anda. Jadi, ketika pengguna meminta untuk mengunjungi situs web Anda, browser mereka mengirimkan permintaan ke server Anda, mengirimkan file yang dibutuhkan melalui internet. Jadi, VPS mirip dengan server fisik tetapi menggunakan teknologi virtual yang dibagikan di antara beberapa pengguna. Secara sederhana, ini adalah server virtual.

Menggunakan teknologi virtual, penyedia hosting, seperti OVHcloud, memasang lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server. Kemudian, partisi untuk memungkinkan setiap pengguna membangun OS dan perangkat lunak mereka. Dengan demikian, VPS bersifat virtual dan pribadi karena Anda memiliki kendali penuh atas ruang server Anda sendiri. Apa yang membedakan Anda dari pengguna lain adalah tingkat OS. Untuk lebih memahami VPS, Anda dapat membandingkannya dengan ketika seseorang mempartisi komputer mereka ketika mereka ingin menjalankan lebih dari satu OS tanpa me-reboot sistem.

Beroperasi pada VPS memungkinkan Anda untuk berjalan di wadah khusus dengan sumber daya andal Anda seperti inti CPU, ruang disk, dan memori, untuk menyebutkan beberapa, yang tidak harus Anda bagikan dengan pengguna lain. Ini adalah versi yang lebih murah dari memiliki dedicated server.

Keuntungan dari VPS

VPS hadir dengan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan solusi hosting lainnya.

  • VPS lebih murah daripada harus menyewa dedicated server.
  • Ini stabil dan lebih cepat daripada berbagi server hosting.
  • Ketika ada masalah lalu lintas di salah satu situs pengguna bersama, itu tidak memengaruhi situs web Anda.
  • Anda memiliki akses ke server virtual Anda.
  • Ini juga telah meningkatkan privasi karena pengguna server lain tidak memiliki akses ke data dan file Anda.
  • Ini adalah solusi yang mudah diskalakan karena Anda dapat maju ke lebih banyak sumber daya kapan pun bisnis Anda menuntutnya, jadi Anda membayar untuk apa yang Anda butuhkan.
  • Ini memiliki fluktuasi minimal nol karena Anda memiliki jaminan sumber daya server seperti kekuatan pemrosesan dan memori.

Garis bawah

VPS adalah solusi hosting server fleksibel yang memungkinkan Anda menikmati manfaat memiliki server fisik khusus tanpa harus repot menjalankannya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan