Percayakah Anda jika mendengar kendaraan listrik pertama kali muncul pada pertengahan abad ke -19? Kami juga tidak, tetapi seperti yang dikatakan sumber, kendaraan listrik pertama dibuat sekitar tahun 1830-an dan ada beberapa nama yang muncul ketika datang ke kendaraan listrik pertama. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kendaraan listrik pertama adalah penemuan Anyos Jedlik pada tahun 1828, meskipun Robert Anderson dan Sibrandus Stratingh disebut-sebut sebagai penemu kendaraan listrik pertama.

Hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 1837, lokomotif listrik ditemukan oleh seorang pria bernama Robert Davidson. Itu berjalan dengan baterai galvanik dan dapat menarik kargo seberat 6 ton dan berat 7 ton untuk 1,5 mil! Itu adalah penemuan yang sangat mengesankan pada saat itu! Sayangnya, tidak pernah dikomersialkan karena kekuatannya yang terbatas dan karena pekerja kereta api menghancurkannya karena takut kehilangan pekerjaan karenanya.

Mobil Listrik Pertama Yang Menggunakan Baterai Isi Ulang

Baterai isi ulang yang dapat digunakan pada mobil listrik dengan kapasitas penyimpanan yang cukup ditemukan pada tahun 1859. Pria bernama Gaston Plante menemukan baterai timbal-asam pertama yang digunakan pada mobil listrik dan teknologinya ditingkatkan secara drastis pada tahun 1881 sehingga kapasitas dayanya jauh lebih besar. lebih besar dari sebelumnya.

Banyak kelebihan mobil listrik saat itu dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Keunggulan pertama dan terpenting adalah mobil listrik tidak bergetar, tidak berisik dan tidak meninggalkan bau tak sedap seperti mobil bensin. Mereka jauh lebih mudah untuk memulai dan mengemudi juga.

Pada tahun 1912, hampir 40% dari semua mobil di AS digerakkan oleh listrik! Sedikit lebih banyak ditenagai oleh uap dan hanya sekitar 20% dari semua mobil yang ditenagai oleh bensin. Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak menerima mobil listrik. Jumlah terbesar kendaraan listrik di AS dibeli pada tahun 1910!

Mobil Listrik Dengan Cepat Kehilangan Popularitas Besarnya

Hanya 10 tahun setelah mobil listrik mengalami puncak penjualan, mereka mulai kehilangan popularitas. Ini karena infrastruktur yang ditingkatkan, dan jangkauan terbatas serta kecepatan rendah mobil listrik tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pengemudi. Hanya dalam beberapa tahun, mobil berbahan bakar bensin meningkat secara signifikan dan tidak sekeras sebelumnya, tidak terlalu bergetar, dan karena Henry Ford memulai produksi massal, mobil listrik dua kali lebih mahal dari pesaing bensin.

Butuh Lebih Dari 50 Tahun Untuk Membuat Peningkatan Yang Signifikan Pada Mobil Listrik

Baru pada tahun 1970-an ide untuk mengkomersilkan kendaraan listrik muncul kembali. Sayangnya, sebagian besar upaya tidak cukup meningkatkan mobil listrik untuk membuatnya layak jalan karena kecepatannya yang rendah dan jangkauan yang sangat terbatas.

Penemuan terbesar dibuat pada 1980-an ketika baterai lithium-ion sammsung ditemukan oleh John Goodenough, Rachid Yazami dan Akira Yoshino. Baterai dikomersialkan oleh Sony dan Asahi Kasei pada tahun 1991. Jenis baterai yang sama, meskipun ditingkatkan secara signifikan, digunakan saat ini pada mobil listrik yang mampu melakukan perjalanan jarak jauh.

Hampir seratus tahun setelah kendaraan listrik menjadi populer diperlukan untuk meningkatkan mobil listrik yang cukup untuk mengkomersialkannya. Sayangnya, seluruh dunia harus mengalami krisis ekologi yang besar untuk membuat perusahaan melakukan banyak R&D dan membuat kendaraan listrik terjangkau dengan kecepatan dan jangkauan yang baik. Perusahaan yang saat ini dianggap sebagai pelopor mobil listrik adalah Tesla. Mereka memulai dengan Tesla Roadster yang pertama kali dikirim ke pembeli pada tahun 2008. Itu adalah supercar listrik pertama dan Tesla telah membuat sukses besar dengan itu hanya dalam beberapa tahun, mereka mengembangkan 4 model kendaraan listrik baru!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan