Kebugaran merupakan kondisi dimana tubuh mampu beraktifitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti, juga dapat dikatakan saat dimana tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit dan mampu melakukan berbagai macam aktifitas dengan kondisi tubuh yang prima.

Pada masa pandemi covid 19 saat ini, tentu saja menjaga kebugaran tubuh menjadi salah satu faktor tepenting dalam beraktivitas baik di dalam maupun diluar rumah, karena dengan derajat kebugaran yang tinggi setiap orang akan memiliki imunitas tubuh yang baik pula, terutama dalam mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Selain Makan makanan yang bergizi seimbang serta istirahat yang cukup, seseorang dapat dikategorikan bugar apabila memiliki 4 komponen kebugaran jasmani diantaranya Daya Tahan Jantung (Cardiovaskuler), Kekuatan, Kelenturan, dan keseimbangan tubuh yang baik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan serangkaian bentuk kegiatan fisik yang dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun bersama orang lain diluar rumah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Saat pandemi Work from Home/ Learn From Home, menjadi salah satu pilihan terbaik dalam menjalankan kegiatan sehari hari, namun tidak mengurangi kegiatan kita dalam menjaga kebugaran tubuh terutama berolahraga. Demi menjaga kualitas hasil yang diharapkan, ragam kegiatan fisik yang dilakukan tentunya harus memiliki prinsip diantaranya aman, nyaman dan mudah dilakukan. Berikut contoh aktivitas fisik yang mudah dan aman dilakukan dirumah diantaranya seperti Jogging, Push Up, Sit Up, Squat Jump, Yoga, dan Senam Ritmik. Sedangkan bentuk aktivitas diluar rumah dapat dilakukan dengan bersepeda, Jogging.

Selain aktivitas olahraga, aktivitas fisik sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari seperti membersihkan rumah ataupun kegiatan lain, sebetulnya sudah mewakili bentuk aktivitas untuk menjaga kebugaran, hanya saja intensitas kegiatannya yang jarang sekali terukur sehingga tidak memiliki validitas yang tinggi untuk dapat dikatakan sebagai aktivitas untuk menjaga kebugaran.

Setiap kegiatan yang dilakukan tidak harus dilakukan dengan intensitas yang tinggi, namun menyesuaikan kondisi fisik masing-masing dan bertambah seiring waktu kegiatan yang terus dilakukan berulang-ulang setiap harinya. dengan demikian olahraga yang dilakukan akan lebih aman dan berdampak baik bagi kebugaran tubuh seseorang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan