Rumah Belajar Hadir Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh






Berita Nasional (26)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (131)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (61)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan Nasional » Rumah Belajar Hadir Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh

Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:26:36 WIB
Rumah Belajar Hadir Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan Nasional - Dibaca: 117 kali

Halo, sobat SMP! Bila sebelumnya telah membaca artikel mengenai daftar referensi bahan pembelajaran daring, kalian tentu sudah tahu bahwa ada banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk belajar di rumah. Salah satu di antara portal yang telah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Rumah Belajar. 

Rumah belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. 

Ada empat utama fitur yang ditawarkan oleh situs ini, yakni Ruang Maya, Sumber Belajar, Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Keempat fitur ini tentu saja memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Seperti pada ruang maya misalnya, berfungsi sebagai Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Sedangkan pada fitur Sumber Belajar menyajikan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Dengan adanya berbagai konten-konten variatif seperti itu, maka diharapkan para siswa akan lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru. 

Beralih ke fitur Bank Soal, kalian dapat mempelajar kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Selain itu, tersedia pula berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. Dengan begitu Sobat SMP dapat melatih diri  untuk mengukur sejauh mana pemahaman diri terkait materi yang telah diajarkan. 

Fitur utama lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah Laboratorium Maya, fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Sobat bisa melakukan percobaan secara virtual dengan memasukkan angka perhitungan sendiri yang disesuaikan dengan rumus dan teori. Ada banyak teori dan konsep yang dapat dicoba melalui fitur ini. 

Namun selain fitur utama, ada pula fitur tambahan terbaru yang tidak kalah menarik yaitu Edugame. Fitur ini menyediakan beragam permainan interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan orang tua/guru. Permainan di dalamnya telah dirancang untuk membantu kalian memahami materi yang disajikan. Sangat menarik, bukan?

Kalian dapat mengakses semua fitur secara gratis dimanapun dan kapanpun. Rumah Belajar juga tidak hanya dapat diakses melalui portal https://belajar.kemdikbud.go.id/ tetapi juga sudah bisa diunduh ke ponsel berbasis Android maupun iOS. Jika kalian masih bingung dalam memanfaatkan berbagai fitur Rumah Belajar untuk belajar dari rumah, maka terdapat panduan lengkap Panduan Pemanfaatan Rumah Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif yang bisa kalian unduh.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Unduh : Panduan Belajar Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Rumah Belajar

Unduh : Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar

Sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/rumah-belajar-hadir-sebagai-sarana-pembelajaran-jarak-jauh/



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


Oktober, 2021
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
1718192021 2223
24252627282930
31      





10108406

Pengunjung hari ini : 2860
Total pengunjung : 698745

Hits hari ini : 32103
Total Hits : 10108406

Pengunjung Online: 172





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan