Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Jenjang SMP






Berita Nasional (26)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (131)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (61)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan SMP » Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Jenjang SMP

Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:35:03 WIB
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Jenjang SMP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan SMP - Dibaca: 138 kali

Meski belakangan pembelajaran tatap muka telah kembali digelar di beberapa daerah, namun masih banyak daerah yang masih harus menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk membantu pembelajaran jarak jauh, Direktorat SMP menerbitkan Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh.

Dalam modul ini, seluruh aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dijelaskan secara terperinci. Mulai dari latar belakang pembelajaran tatap muka, konsep dasar pembelajaran tatap muka, sampai dengan manajemen pembelajaran tatap muka.

Pada bab pertama, dijelaskan mengenai latar belakang, tujuan, serta sasaran pengguna. Pada bab ini diharapkan seluruh pihak di lapangan akan mengerti mengenai hal-hal tersebut, sehingga menjalankan pembelajaran jarak jauh dengan tujuan yang linier dengan pemerintah pusat. Pihak-pihak yang menjadi sasaran pengguna modul ini, juga diharapkan dapat memberi kontribusi sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Bab selanjutnya menjelaskan mengenai konsep pembelajaran jarak jauh. Bab ini menjelaskan secara detail mengenai metode pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh sendiri terdiri dua kategori, yaitu belajar terbimbing dan belajar mandiri. Kurikulum yang digunakan dalam PJJ adalah tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan untuk kondisi Khusus, sesuai SK Kabalitbang Nomor 18 Tahun 2020. Pilihan metode pembelajaran sesuai dengan zonasi, sistem penilaian, dan bahan ajar yang digunakan merupakan poin-poin krusial lain yang dimuat pada bagian ini. 

Memasuki bab ketiga, kalian akan mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah persiapan pembelajaran jarak jauh melalui serangkaian identifikasi. Proses pembelajaran jarak jauh juga diwujudkan dengan menerapkan sejumlah strategi khusus yakni menerapkan metode blended learning. Pembiayaan bahkan monitoring evaluasi dijelaskan pula pada modul ini, mengingat kedua hal tersebut juga menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran.

Dengan memahami seluruh isi pada modul ini, maka diharapkan pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan lancar tanpa terkendala. Selain itu, diharapkan pula tujuan pembelajaran jarak jauh bisa tercapai, agar para peserta didik bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berarti meski tidak bisa bertatap muka. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan unduh pedoman “Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh” di bawah ini, ya.

Unduh : Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh

Sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/pedoman-pengelolaan-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-jenjang-smp/



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


Oktober, 2021
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
1718192021 2223
24252627282930
31      





10106471

Pengunjung hari ini : 2744
Total pengunjung : 698628

Hits hari ini : 30168
Total Hits : 10106469

Pengunjung Online: 184





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan