Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Mari Bangkit dan Pulih, Mari Serentak Bergerak






Berita Nasional (28)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (138)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (61)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan Nasional » Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Mari Bangkit dan Pulih, Mari Serentak Bergerak

Selasa, 04 Mei 2021 - 07:29:53 WIB
Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Mari Bangkit dan Pulih, Mari Serentak Bergerak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan Nasional - Dibaca: 356 kali

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional pada Minggu, 2 Mei 2021 di halaman Kompleks Kemdikbudristek yang terletak di Senayan, Jakarta.

Upacara yang berlangsung mulai pukul 8.00 WIB ini dipimpin langsung oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Upacara tidak saja diikuti secara luring, namun juga secara daring.

Peserta upacara luring di antaranya para pejabat eselon, para pegawai di lingkungan Kemdikbudristek, dan juga tamu undangan lainnya. Beberapa tamu undangan penting ialah Mendikbud periode 1993-1998 Wardiman Djojonegoro, Mendikbud periode 2014-2016 Anies Baswedan, Ketua Komite 3 Dewan Perwakilan Daerah Sylviana Murni, PLT Kepala Arsip Nasional M. Taufik, dan Ketua Harian Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO Arief Rachman.

Untuk upacara secara daring, peserta upacara adalah para pemenang lomba tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, para pemenang Bursa Rumah Belajar 2020 yang diselenggarakan Pusdatin, para pemenang Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi yang diselenggarakan Dirjen GTK, para pemenang lomba Kemah Budaya Muda Kaum Muda 2020 yang diselenggarakan Dirjen Kebudayaan, para pemenang Agen Guru dan Agen Anak Antikorupsi 2020 yang diadakan Inspektorat Jenderal, serta para pemenang Duta Bahasa Nasional Serta Pengajar dan Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing 2020 yang diselenggarakan Badan Bahasa.

Pelaksanaan upacara secara luring tetap memerhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan melakukan swab antigen untuk seluruh hadirin sebelum acara dimulai.

Pada upacara Hardiknas 2021, Mendikbudristek Nadiem mengenakan baju adat suku Rote, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan para peserta luring lainnya mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan upacara Hardiknas tahun ini, Nadiem memberikan pidato sambutan yang bertemakan “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar”. Nadiem menyampaikan pemerintah terus melakukan transformasi pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui program Merdeka Belajar.

“Sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar yang akan kita lakukan. Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” ujar Nadiem dalam sambutannya.

Selain itu, Nadiem juga mengatakan pemerintah terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Ada empat perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah:

  1. Perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.
  2. Perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan serta pemberian otonomi lebih kepada satuan pendidikan.
  3. Perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya.
  4. Perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Nadiem juga menyinggung soal pandemi yang menjadi tantangan. Menurutnya, pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Masih banyak tantangan lain yang telah menunggu di depan sana. Nadiem optimis segala tantangan bisa dilewati jika kita menghadapinya secara gotong-royong.

“Bahwa dengan bergotong-royong, upaya kita untuk mewujudkan Merdeka Belajar akan semakin cepat terlaksana,” tutur Nadiem.

Di Hari Pendidikan Nasional ini, di bulan yang penuh kemenangan ini, Nadiem berharap kita bisa bangkit dan pulih menghadapi segala tantangan yang menerjang, khususnya di dunia pendidikan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari bangkit dan pulih. Mari serentak bergerak, wujudkan Merdeka Belajar!” pungkas Nadiem dalam sambutannya.

Acara turut dimeriahkan oleh Paskibraka DKI Jakarta tahun 2019 dan 2020, Korsik Mabes Polri, serta Orkestra SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Dalam kesempatan ini tim orkestra membawakan pula lagu “Wajib Belajar” ciptaan Restu Narwan Sutarmas dan lagu “Pelajar Pancasila” ciptaan Eka Gustiwana.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Upacara Hari Pendidikan Nasional 2021



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


November, 2021
MSSR KJS
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    





13277079

Pengunjung hari ini : 4873
Total pengunjung : 913541

Hits hari ini : 56030
Total Hits : 13277079

Pengunjung Online: 101





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan