Dukung Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pegawai, Direktorat SMP Gelar Workshop Public Speaking






Berita Nasional (28)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (138)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (61)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan SMP » Dukung Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pegawai, Direktorat SMP Gelar Workshop Public Speaking

Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:22:35 WIB
Dukung Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pegawai, Direktorat SMP Gelar Workshop Public Speaking
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan SMP - Dibaca: 1677 kali

Sejatinya, komunikasi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk berinteraksi dengan individu atau kelompok lainnya. Namun, terkadang banyak yang meremehkan komunikasi serta tidak menyadari bahwa komunikasi bukanlah sebuah hal yang mudah.

Salah satu kemampuan komunikasi yang diperlukan saat ini ialah public speaking. Public speaking merupakan kegiatan komunikasi verbal secara langsung yang dilakukan di depan publik umum atau orang banyak. Kemampuan public speaking yang baik dapat berguna ketika menyampaikan kebijakan-kebijakan strategis kepada para stakeholder.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menyadari bahwa kemampuan komunikasi, khususnya public speaking para pegawai haruslah diasah dan ditingkatkan. Potensi para pegawai perlu dikembangkan agar bisa meningkatkan efektivitas kinerja Direktorat dalam memberikan pelayanan.

Oleh karena itu, Direktorat SMP mengadakan kegiatan workshop Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pegawai di Lingkungan Direktorat SMP. Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman dan juga pelatihan mengenai public speaking kepada para pegawai Direktorat SMP.

Dalam kegiatan ini, narasumber yang dihadirkan adalah Maya Rachma, seorang dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Pembangunan Jaya. Dengan latar belakangnya yang berkecimpung di dunia public speaking, media, dan jurnalistik, Maya juga merupakan seorang content creator. Ia sering membagikan tip-tip seputar komunikasi dan public speaking

Workshop dimulai dari narasumber yang memberikan materi pemahaman dasar mengenai public speaking. Para peserta dikenalkan terlebih dahulu apa itu public speaking dan berbagai macam profesi yang memerlukan kemampuan public speaking seperti pembicara, pembawa acara, dan moderator. 

Maya menjelaskan sedikit tip dalam melakukan public speaking. Kunci utamanya adalah kepercayaan diri, penekanan intonasi, pengucapan artikulasi yang jelas, dan juga gestur tubuh saat berbicara. Namun, yang paling penting ialah kepercayaan diri karena merupakan modal utama untuk berbicara di depan umum.

Selanjutnya, peserta workshop diajarkan cara-cara untuk menjadi seorang pembicara, pembawa acara, dan juga moderator. Tentunya peserta juga melakukan praktik agar materi yang diterima bisa dicoba secara langsung.

Setelah acara berakhir, dilakukan evaluasi terkait materi kepada para pegawai Direktorat SMP yang ikut serta dalam kegiatan ini. Diharapkan mereka bisa memahami dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat di mana pun berada, terlebih lagi di lingkungan Direktorat SMP agar terus bisa memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan Direktorat.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


November, 2021
MSSR KJS
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    





13281775

Pengunjung hari ini : 5114
Total pengunjung : 913790

Hits hari ini : 60723
Total Hits : 13281774

Pengunjung Online: 109





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan