Mekanisme Peningkatan Mutu Pendidikan di Tingkat Satuan Pendidikan






Berita Nasional (28)
Buku (13)
Info Pendidikan Nasional (138)
Info Pendidikan PAUD (17)
Info Pendidikan SD/MI (38)
Info Pendidikan SMA (8)
Info Pendidikan SMP (61)
Modul (36)
Perpustakaan (7)
Source Code (7)
Template (4)
Undang-undang RI (1)





















• 15 Januari 2010
Workshop Kolaborasi PHP dan jQuery

• 29 Oktober 2009
Workshop VBA Programming for Excel

• 29 Oktober 2009
Bedah Buku "Membongkar Trik Rahasia Master PHP"

• 14 Maret 2009
Seminar "Membangun Portal Berita ala Detik.com"


Beranda » Info Pendidikan Nasional » Mekanisme Peningkatan Mutu Pendidikan di Tingkat Satuan Pendidikan

Rabu, 10 November 2021 - 18:20:45 WIB
Mekanisme Peningkatan Mutu Pendidikan di Tingkat Satuan Pendidikan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Pendidikan Nasional - Dibaca: 28 kali

Sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama bagi sebuah bangsa untuk terus berkembang maju. Oleh karena itu, agar menjadikan SDM Indonesia berkualitas, diperlukan pemupukan sejak dini. Lantas, melalui apa pemupukan SDM dilakukan?

Pendidikan adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan putra dan putri bangsa supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang. Oleh karena itu, tentunya peningkatan mutu pendidikan haruslah dimulai dari tingkat satuan pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan adalah tindakan yang diambil oleh satuan pendidikan guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan.

Satuan pendidikan bisa melakukan rancangan peningkatan mutu pendidikan dengan empat tahapan. Keempat tahapan tersebut adalah evaluasi capaian pendidikan, perencanaan evaluasi pendidikan, perbaikan mutu pendidikan, dan juga monitoring mutu pendidikan.

Dalam tahapan evaluasi, satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan berbasis data dari berbagai informasi yang ada sebagai bahan pertimbangan perencanaan peningkatan mutu pendidikan. Ada berbagai data yang dapat diambil sebagai acuan evaluasi seperti Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan. Keduanya akan muncul usai Asesmen Nasional rampung dilaksanakan.

Setelah mengevaluasi capaian pendidikan, satuan pendidikan bisa mulai melakukan perencanaan evaluasi dengan cara-cara tertentu. Contohnya adalah dengan melalui Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan juga Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). 

Satuan pendidikan dapat membuat berbagai perencanaan kegiatan yang meningkatkan performa pada hasil evaluasi yang kurang. Contohnya jika skor rata-rata literasi peserta didik rendah, satuan pendidikan dapat memberikan pendampingan kepada peserta didik. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menyelenggarakan pelatihan atau workshop MGMP Sekolah untuk meningkatkan kompetensi literasi.

Dalam tahapan ini, satuan pendidikan melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan yang telah dirancang pada tahapan perencanaan. Setelah program terlaksana, satuan pendidikan perlu mengukur ketercapaian hasil. Selain itu, dilakukan juga pemantauan terhadap perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah program dijalankan.

Monitoring ditujukan untuk menjaga kegiatan yang diimplementasikan sesuai dengan tujuan. Sedangkan evaluasi dimaksudkan untuk memberikan masukan bagi kegiatan ke depannya agar dihasilkan kinerja yang lebih baik lagi.

Agar pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik, diperlukan sebuah kolaborasi dan kerja sama yang baik antarelemen yang ada di sekolah seperti kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan juga komite sekolah. Selain itu, pembentukan tim peningkatan mutu pendidikan pun harus disiapkan.

Jadi, itulah tadi mekanisme peningkatan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Sejatinya, semuanya perlu dilakukan dengan saling bekerja sama agar hasil yang diharapkan bisa tercapai secara maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 


 

Referensi: Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tingkat SMP Direktorat SMP di Jakarta, 26-28 Oktober 2021



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


November, 2021
MSSR KJS
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    





13278552

Pengunjung hari ini : 4951
Total pengunjung : 913619

Hits hari ini : 57502
Total Hits : 13278551

Pengunjung Online: 114





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan